JBC dan JFC Fakultas Hukum UGM Renggut Juara Atma Jaya Law Festival

Justicia Basketball Club (JBC) dan Justicia Football Club (JFC) berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi Atma Jaya Law Festival pada Jumat (15/4). Atma Jaya Law Festival merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya Jakarta untuk mempererat tali silaturahmi antar Fakultas Hukum se-Indonesia. Baik pertandingan basket maupun mini soccer diadakan pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 11—15 April 2016.

Pada kesempatan itu, JBC berhasil meraih juara 3. Tim yang terdiri dari 12 orang pemain dan 1 manajer ini memperoleh prestasi tersebut setelah berhasil mengalahkan tim basket dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Muhammad Yavad Vashogi, ketua JBC, mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama komunitas basket Fakultas Hukum UGM tersebut meraih prestasi di tingkat nasional. Yavad mengharapkan agar komunitas ini selanjutnya bisa mempertahankan serta semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi tersebut.

Dalam acara yang sama, JFC berhasil meraih juara 2. prestasi tersebut diraih setelah tim ini memperoleh skor 1-1 dalam babak final. Namun, skor berubah menjadi 3-4 ketika terjadi adu penalti antara tim B FH Unika Atma Jaya Jakarta melawan komunitas football FH UGM. Kapten JFC, Muhammad Ikhsan Nur Habi, mengatakan bahwa komunitas ini telah beberapa kali mengikuti pertandingan pada tingkat nasional. Khususnya dalam kompetisi yang diadakan oleh Unika Atma Jaya Jakarta ini, JFC selalu meraih juara dalam beberapa tahun terakhir.

Sistem yang digunakan pada kedua jenis pertandingan tersebut adalah sistem semi kompetisi. Terdapat dua fase dalam sistem tersebut, yaitu fase grup dan fase penyisihan. Fase grup diadakan selama tiga hari kemudian dilanjutkan dengan fase penyisihan. Dalam fase grup, JBC memperoleh juara grup setelah mengalahkan tim dari Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan (UPH), dan tim A Unika Atma Jaya Jakarta. Sedangkan JFC menjadi juara grup setelah berhasil menyudutkan tim dari Universitas Kristen, Universitas Bina Nusantara, dan tim B Unika Atma Jaya Jakarta.

Peserta pertandingan basket terdiri dari 8 tim, yaitu tim Fakultas Hukum UGM, Universitas Tanjung Pura, tim A Unika Atma Jaya Jakarta, tim B Unika Atma Jaya Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Pelita Harapan (UPH), dan Universitas Pancasila (UP). Sedangkan peserta pertandingan mini soccer terdiri dari, tim Fakultas Hukum UGM, tim A Unika Atma Jaya Jakarta, tim B Unika Atma Jaya Jakarta, Universitas Tarumanegara (Untar), Universitas Kristen, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Yavad dan Habi merasakan banyak manfaat melalui kompetisi ini. Selain menambah pengalaman dan para pemain, pertandingan tersebut juga berhasil meningkatkan keakraban antar sesama anggota. Kemudian, mereka juga dapat mempererat hubungan silaturahmi antara mereka dengan alumni komunias masing-masing. Hal ini terbukti dengan adanya bantuan dana dari alumni tersebut. (Fitri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.