PPSMB INTEGRITAS

 

Tiga ratus delapan puluh mahasiswa baru jenjang sarjana Fakultas Hukum (FH) Universitas Gadjah Mada (UGM) berkumpul pada Sabtu (30/7). Mahasiswa yang berasal dari berbagai kota di Indonesia dan luar negeri ini sedang mengikuti acara Pra-Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2016. Pra-PPSMB ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru. Kegiatan inti tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-6 Agustus 2016. Acara ini terdiri dari PPSMB Palapa pada tingkat universitas dan PPSMB tingkat fakultas.

PPSMB Fakultas Hukum dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2016. Acara yang diketuai oleh Fadhilatul Hikmah, S.H., LL.M. ini mengusung sebuah tema yang harus dijiwai oleh seluruh mahasiswa, yaitu integritas. Penanaman nilai integritas tersebut direalisasikan melalui beberapa Talk Show dan diskusi. Pada kegiatan ini, mahasiswa baru disuguhi sebuah Talk Show yang berjudul Kiat-Kiat Menjadi Mahasiswa Aktif Berprestasi. Talk Show tersebut dibawakan oleh Tia Rosana dan Wyncent Halim sebagai mahasiswa FH UGM yang telah meraih banyak prestasi baik di dalam maupun luar negeri. Tidak hanya itu, Dr. Refly Harun, S.H., M.H., LL.M, pakar Hukum Tata Negara, juga turut menumpahkan motivasi kepada mahasiswa baru melalui Talk Show  kedua yang berjudul intelektual organik.

Pada hari kedua, Dr. Albertina Ho, S.H., M.H, Wahyudi Djafar, S.H., dan RR. Nurul Saadah Andriani, S.H. secara bersamaan hadir memeriahkan Talk Show yang berjudul Pengembangan Diri dan Peluang Pengembangan Karir. Pada kesempatan itu, Dr. Albertina Ho, S.H. merasakan penurunan ketertarikan mahasiswa FH UGM pada bidang kehakiman. Oleh karena itu, Ia mengajak para mahasiswa agar melanjutkan pendidikannya dalam bidang tersebut.

Selain Talk Show dan diskusi, mahasiswa baru ini juga mengikuti acara Tour De Campus sebagai wadah pengenalan lingkungan kampus. Kemudian, mereka juga diperkenalkan dengan sistem layanan akademik mahasiswa serta lembaga otonom,semi otonom, dan komunitas yang aktif di FH UGM.

Sebagai salah satu acara penutup, PPSMB Intergritas juga menampilkan sebuah simulasi sidang yang mempresentasikan cara kerja hukum acara pidana pada pengadilan. Tema yang diambil dalam persidangan itu adalah kekerasan dalam masa orientasi mahasiswa. Simulasi sidang yang berlangsung selama satu jam tersebut diperankan oleh sebagian besar anggota komunitas Satria Paramartha. (Fitri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.