Tim UGM sebagai Penggugat dan Panitera Terbaik dalam NMCC Piala Prof. A.G. Pringgodigdo

National Moot Court Competition (NMCC) Piala Prof. A.G. Pringgodigdo merupakan satu satunya kompetisi peradilan semu niaga di Indonesia. Acara ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Pada tahun 2017, Universitas Airlangga menyelenggarakan NMCC yang ke-6 dengan tema kepailitan pada babak penyisihan dan sengketa Hak Kekayaan Intelektual: Merek pada babak final.

Pada kesempatakan kali ini, Fakultas Hukum UGM mengirimkan tim yang terdiri dari 18 orang. Tim melakukan latihan selama kurang lebih 6 bulan. Setelah kuliah, para anggota tim berlatih baik di kampus, maupun di Pengadilan Negeri Yogyakarta di bawah bimbingan Prof. Tata Wijayanta.  Latihan dimulai dari pemberkasan hingga pembuatan sidang, baik untuk kasus pailit maupun kasus merek.

Ketua delegasi, Robiatul Adawiyah, mengatakan bahwa tantangan terbesar yang dihadapi tim saat mendekati hari H adalah banyaknya anggota tim yang jatuh sakit karena cuaca yang tidak menentu. Meskipun demikian, tim dapat tetap berlaga optimal berkat kerja keras dan rasa saling percaya yang menimbulkan kekompakan. Berkat kerja keras dari tim NMCC dan dukungan dari Civitas Akademika FH UGM serta alumni, Tim NMCC berhasil meraih juara ketiga dan menyabet dua penghargaan lain, yaitu Penggugat Terbaik dan Panitera terbaik. – RA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.