Pembekalan Calon Wisudawan/ Wisudawati Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada Periode Agustus 2016

 

Dalam rangka mempersiapkan lulusan yang siap menapaki jenjang karir dan terjun ke dalam masyarakat, Law Career Development Center (LCDC) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Pembekalan Calon Wisudawan/Wisudawati Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada periode Agustus 2016. Pembekalan dilaksanakan pada hari Kamis 18 Agustus 2016 bertempat di Ruang 3.1.1 Fakultas Hukum UGM. Seluruh calon wisudawan/wisudawati hadir dalam pembekalan yang dilaksanakan dari pukul 08.30 – 15.00. Hadir sebagai pembicara pada acara tersebut antara lain Dra. Dwiana Saktiati Siswanto, Efy Latifah, S.Psi., dan Toto Trihamtoro, S.H., M.M. Ketiganya merupakan praktisi yang sukses berkarir di bidangnya masing-masing.

Acara dibagi menjadi tiga sesi dengan materi yang berbeda antara lain mengenai personal branding, attitude and attireReady for Dream Job, dan Being Unique is Great. Hadir pada sesi pertama Dra. Dwiana Saktiati Siswanto,Dosen dari Sekolah Vokasi UGM sebagai pembicara mengenai personal branding, attitude and attiredengan moderator Karina Putri, S.H., LL.M., M.DevPrac(Adv), Dosen Departemen Hukum Dagang Fakultas Hukum UGM. Dalam pemaparannya Bu Ati menjelaskan bahwa permasalahan yang sering timbul pada rekruitmen kerja adalah kurangnya rasa percaya diri para pencari kerja. Sementara itu dalam etiket pelayanan terdapat 85% softskill dan 15% dari kemampuan teknis. Maka dari itu, selain kemampuan teknis, setiap pencari kerja perlu memberikan citra diri yang baik. Dalam sesi pertama ini dijelaskan juga mengenai sikap tubuh yang baik untuk membangun citra diri.

Setelah penjelasan mengenai personal branding, pembekalan langsung dilanjutkan dengan sesi kedua dengan tema Ready for Dream Job yaitu mengenai teknik pembuatan Curriculum Vitae dan trik wawancara kerja. Hadir sebagai pembicara yaitu Efy Latifah, S.Psi, pemilik Aire Consultant yang juga lulusan dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Beliau memberikan penjelasan mengenai tahapan rekruitmen kerja dan juga memberikan informasi mengenai kriteria pekerja yang akan dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Dalam sebuah rangkaian rekruitmen kerja, perusahaan tidak hanya mencari kandidat yang memiliki technical skill yang mumpuni, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan kultur perusahaan yang ada.

Diselingi oleh istirahat makan siang selama satu jam, pembekalan dilanjutkan dengan sesi ketiga mengenai kisah sukses salah satu alumni Fakultas Hukum UGM. Dengan tema Being Unique is Great, Toto Trihamtoro, S.H., M.M., berkisah mengenai kisah suksesnya menjadi penyedia layanan jasa keamanan, Protecom Security Services, di Jakarta yang notabene tidak terlalu lazim bagi seorang lulusan fakultas hukum yang juga sebelumnya menjadi seorang banker di berbagai bank terkemuka selama sebelas tahun. Dimoderatori oleh Dra. Dani Krisnawati, S.H., M.Hum, Ketua LCDC Fakultas Hukum UGM, sesi ketiga berisi dengan tips dan trik membangun networking yang baik dengan pihak lain untuk mengembangkan karir. Beliau juga menceritakan berbagai pengalamannya ketika melakukan berbagai kerja sama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia baik dalam skala maupun internasional. Keluar dari “zona nyaman”nya, sebagai seorang sarjana hukum yang juga sebagai atlet softball kala masih menjadi mahasiswa, Toto membuktikan bahwa dengan usaha dan networking yang baik juga dapat memberikan kesuksesan. Dengan motto “the more you work, the more you get”, kesuksesan juga dapat diraih dengan kerja keras dan diiringi dengan interpersonal skill yang mumpuni.

Ketiga sesi tersebut berjalan dengan baik dan interaktif, diiringi dengan praktek secara langsung dan juga tanya jawab antara peserta dengan pembicara. (Kadenza/LCDC).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.